Aktivitas IF-K11-02-U: Diskusi tentang Materi Informatika

IDHOE
0


Setelah membaca dan mempelajari bacaan di atas, dan mempelajari kembali buku Kelas VII sampai dengan Kelas X, tentunya kalian akan lebih memahami apa yang akan dipelajari di Kelas XI, dan perbedaannya terutama dengan Kelas X. Pemahaman yang telah dilakukan secara mandiri dan individual akan dibahas pada sebuah diskusi kelompok, dan hasil setiap kelompok akan disampaikan pada sebuah diskusi panel.


1. Apakah kalian sudah mempelajari semua elemen Informatika? Tuliskan elemen-elemen yang telah kalian pelajari, berurutan :


a. Dari yang paling mudah sampai dengan paling sulit
b. Dari yang paling menarik sampai dengan paling membosankan
c. Dari yang paling aplikatif (dirasakan dalam kehidupan sehari-hari) sampai dengan yang hanya konseptual saja

Jelaskan alasanmu memilih urutan tersebut!

2. Perhatikanlah gambar “rumah” Informatika. Menurut kalian, mengapa setiap elemen tidak digambar dengan simbol yang sama?

3. Apa yang terjadi jika fondasi sebuah rumah tidak kokoh atau bahkan dibangun tanpa fondasi?Kemungkinan apa yang terjadi, jika berpikir komputasional tidak kuat?

4. Apa yang terjadi jika pilar-pilar pengetahuan punya fondasi kokoh, tapi tidak diimplementasi menjadi karya berguna?

5. Apakah mungkin sebuah karya komputasional diwujudkan tanpa perangkat TIK?


Rangkumlah hasil diskusi kelompok dalam Lembar Kerja Kelompok yang disediakan oleh guru atau dalam bentuk bebas baik secara luring (lembar flip chart paper) atau secara daring (lembar kerja yang diisi dengan berkolaborasi secara daring), untuk menjadi bahan diskusi panel. Sajikan dalam bentuk visual yang mudah dipahami serta dapat membantu presentasi kelompok.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!